Kriteria Makanan Sehat dan Nutrisi Tinggi untuk Hidup Lebih Baik. Konsumsi makanan sehat dan bernutrisi tinggi bisa menjaga tubuh tetap bugar. Apalagi dengan banyaknya aktivitas yang dilakukan, kebutuhan nutrisi harian harus bisa terpenuhi.

Makanan sehat memberikan energi yang dibutuhkan tubuh untuk melakukan aktivitas sehari-hari. Pola makan yang tepat juga akan menjaga tubuh tetap ideal dan mengurangi risiko munculnya penyakit kronis. Mulai dari jantung, diabetes, dan kanker.

Makanan yang bergizi dan bernutrisi tinggi juga mampu meningkatkan kesehatan fisik. Saat seseorang memiliki berat badan yang ideal, kondisi fisik yang sehat dan nutrisi baik, tentu hidup sehat berkualitas bisa dengan mudah didapatkan.

Kriteria Makanan Sehat dan Nutrisi Tinggi untuk Hidup Lebih Baik

Kriteria Makanan Sehat dan Bernutrisi Tinggi

Kriteria Makanan Sehat dan Nutrisi Tinggi untuk Hidup Lebih Baik. Mengetahui kriteria makanan yang sehat dan kaya nutrisi adalah solusi terbaik bagi mereka yang ingin hidup lebih baik. Konsumsi makanan tidak bisa sembarangan, apalagi saat ini sudah banyak jenis olahan makanan yang dijual di pasaran.

Jika tidak dipilih dengan baik dan hati-hati, maka akan menimbulkan kurangnya seimbang dalam kesehatan. Ada baiknya selalu mematuhi pola hidup sehat agar tubuh tetap terjaga.

Yang perlu diketahui tentang kriteria makanan sehat lebih kerap dengan jenis makanan yang memiliki nutrisi tinggi. Makanan tersebut bisa membantu tubuh dalam melakukan aktivitas harian. Makanan yang baik akan membantu menjadi sumber energi, pembangun, dan melindungi tubuh. Kebutuhan nutrisi dalam tubuh akan meningkatkan fungsi organ agar dapat bekerja secara optimal.

Bagi anda yang masih bingung dengan bagaimana kriteria makanan bergizi dan bernutrisi tinggi, kami akan berikan ulasan selengkapnya. Bagi ibu rumah tangga, ini bisa menjadi pedoman atau pertimbangan Anda dalam menyiapkan hidangan untuk anggota keluarga nantinya.

Tidak Mengandung MSG

Kriteria makanan sehat dan bernutrisi tinggi yang pertama yaitu tidak mengandung bahan MSG. Kriteria makanan yang dimaksud yaitu sedikit mengandung MSG, bukan berarti tidak ada sama sekali.

MSG (MonoSodium Glutamat) merupakan bahan tambahan pangan yang aman dikonsumsi dalam batas wajar. Badan Pengawas Obat dan Makanan yaitu (BPOM) RI telah menerapkan batas aman mengkonsumsi bahan MSG sebesar 120 mg/kg berat badan perharinya. Konsumsi MSG berlebihan memang dapat menimbulkan efek samping bagi sebagian orang, seperti sakit kepala, mual dan pusing.

MSG aman dikonsumsi dalam batas wajar. Kriteria makanan sehat tidak hanya dilihat dari kandungan MSG, tetapi juga keseimbangan gizi dan zat-zat penting lainnya.

Kandungan Kaya Serat

Makanan kaya serat merupakan salah satu kriteria makanan sehat dan bernutrisi tinggi. Serat berperan penting dalam melancarkan pencernaan pada usus dan mencegah sembelit. Serat juga berperan untuk mengontrol kadar gula darah dan mencegah diabetes.

Demikian beberapa makanan yang kaya akan serat seperti berikut, buah-buahan seperti apel, pir, pisang, dan jeruk. Selain itu, sayuran seperti brokoli, bayam, kentang, dan kacang panjang.

Untuk jenis biji-bijian seperti oatmeal, nasi merah, dan gandum Sedangkan dari kacang-kacangan yaitu almond, kacang merah, kacang polong dan masih banyak yang lainnya.

Mengandung Antioksidan Tinggi

Kriteria makanan sehat dan bernutrisi tinggi juga harus mengandung antioksidan. Oleh karena itu, Antioksidan banyak memiliki manfaat bagi kesehatan tubuh. Dapat Menangkal radikal bebas yang merusak sel-sel tubuh dan menyebabkan berbagai penyakit berbahaya atau kronis, seperti kanker, penyakit jantung, dan Alzheimer.

Kandungan antioksidan juga dipercaya mampu meningkatkan fungsi otak dan memori. Makanan yang kaya antioksidan bisa diperoleh dari golongan beri, seperti strawberry, anggur, blueberry, dan sejenisnya.

Selain antioksidan, makanan bernutrisi sehat wajib mengandung lemak baik yang bermanfaat untuk kesehatan daan menurunkan kadar kolesterol jahat. Makanan yang mengandung lemak baik yaitu alpukat, minyak zaitun, ikan, dan telur.

Makanan yang Higienis

Higienis merupakan salah satu kriteria penting dalam menentukan makanan sehat dan bernutrisi tinggi. Makanan higienis memiliki ciri-ciri berasal dari tempat yang terpercaya dan menerapkan praktik keamanan pangan yang baik.

Dimasak dengan cara yang benar dan menggunakan peralatan yang bersih. Selain itu, makanan diwajibkan disimpan pada suhu yang sangat teratur dan terhindar dari kontaminasi. Tidak terdapat bau busuk, perubahan warna, atau tanda-tanda kerusakan lainnya.

Makanan yang tidak bersih memiliki kandungan bakteri berbahaya, virus dan parasit yang mengakibatkan penyakit bagi anda. Untuk itu, pastikan Anda selalu memilih dan mengolah makanan dengan cara yang higienis untuk menjaga kesehatan diri dan keluarga.

Mengandung Banyak Protein

Protein menjadi salah satu kandungan yang cukup penting di butuhkan oleh fisik tubuh kita. Adanya protein dapat membangun dan memperbaiki jaringan seperti otot, tulang, dan kulit. Protein dalam hal ini adalah penting dalam perkembangan tubuh dan pembentukan enzim dan hormon yang mengatur berbagai fungsi tubuh. Selain itu, protein membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan melawan infeksi. Dengan merasa kenyang yang lebih lama, sehingga dapat mengontrol berat badan.

Adapun sumber protein yang bisa kita temukan pada hewan mulai dari ikan, telur, susu, dan daging sapi. Sedangkan untuk protein nabati yaitu kacang-kacangan, tempe, tahu, dan edamame.

Menjaga tubuh tetap sehat adalah pilihan yang harus dibiasakan. Selain mengatur pola hidup sehat, pastikan memilih makanan sehat dan bernutrisi tinggi. Termasuk mengolahnya dengan cara yang tepat baik itu ditumis, direbus, maupun digoreng. Sebaiknya pilih bahan makanan yang masih bagus agar nilai gizinya bisa memenuhi kebutuhan tubuh untuk beraktivitas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *